Rabu, 09 Oktober 2013

Optimasi Query

A.            Optimasi pada Perintah SQL

Desain aplikasi saja tidak cukup untuk meningkatkan kinerja yang harus didukung sengan optimasi dari perintah SQL yang digunakan pada aplikasi tersebut. Dalam mendesain database, seringkali lokasi fisik data terabaikan. Karena hanya desain logik saja yang diperhatikan. Padahal untuk menampilkan hasil query dibutuhkan pencarian yang melibatkan struktur fisik penyimpanan data. Inti dari optimasi query adalah meminimalkan jalur pencarian untuk menemukan data yang disimpan dalam lokasi fisik.

B.      Perencanaan Eksekusi

Pada database Oracle, informasi ini dapat dilihat dengan menggunakan perintah explain plan, yang akan memberi informasi tentang rencana eksekusi dari suatu query. Informasi ini disimpan dalam tabel PLAN_TABLE yang terdapat di skema user yang mengeksekusi perintah tersebut.

C.      Faktor Lain yang berpengaruh terhadap Kecepatan Akses Data

Faktor lain yang berpengaruh terhadap kecepatan akses data, tidak hanya terletak pada optimasi perintah SQL, tetapi terhadap hal-hal lain yang berpengaruh. Diantaranya adalah optimasi aplikasi dan penggunaan cluster dan index.

D.      Optimasi Aplikasi

Dalam pembuatan aplikasi, yang perlu mendapat perhatian adalah apakah akses terhadap suatu data sudah efisien atau belum. Efisien dalam hal penggunaan obyek mendukung kecepatan akses, seperti index dan cluster. Kemudian juga bagaimana cara database didesain. Apakah desain database sudah melakukan normalisasi data secara tepat.

E.       Cluster dan Index

Cluster adalah suatu segmen yang menyimpan data dari tabel yang berbeda dalam suatu struktur fisik disk yang berdekatan. Konfigurasi ini bermanfaat untuk akses data dari beberapa tabel yang sering di-query. Penggunaan cluster secara tepat dilaksanakan setelah menganalisa tabel-tabel mana saja yang sering di-query secara bersamaan menggunakan perintah SQL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar